AD (728x90)

_

Selasa, 15 Februari 2011

PW IPM Gelar RAKERWIL

Surabaya – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Timur kemarin (15/02), telah sukses menyelenggarakan Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL). Acara yang berlangsung di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jawa Timur, Jl. Kertomenanggal IV/I Surabaya
ini dihadiri oleh personal PW IPM dan utusan dari Pimpinan Daerah IPM se-Jawa Timur.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diawali dengan pemaparan program kerja PW IPM Jawa Timur periode 2010-2012. Pertama, bidang Kepemimpinan yang dipresentasikan oleh Achmad Rosyidi, Ketua Umum PW IPM Jawa Timur, menjelaskan secara jelas bahwa kepemimpinan IPM harus kolektif kolegial. Maka, demi terciptanya tujuan IPM, perlu dijalin komunikasi yang intens serta tentu saja profesional. Selain itu, disampaikan bahwa grand design IPM Jawa Timur periode ini adalah gerakan dakwah.

Dilanjutkan Bidang Administrasi Kesekretariatan dan Keuangan yang dipresentasikan oleh Anton Wahyudin, Sekretaris Umum kemudian Nurul Hikmah, Bendahara Umum PW IPM Jawa Timur. Bidang ini diarahkan pada pola penataan keadministrasian IPM yang tertata secara rapi dan profesional.

Bidang Organisasi yang dipresentasikan oleh Yuli Harianto, Ketua Bidang Organisasi, diarahkan pada penataan organisasi PW IPM khususnya dan PD IPM se-Jawa Timur umumnya. Terutama akan fokus pada pemberdayaan organisasi dan pendampingan secara intens pada Pimpinan Daerah IPM zona merah atau kuning. Bidang Perkaderan yang dipresentasikan oleh Wni Renlarasati, Ketua Bidang Perkaderan menjelaskan bahwa fokus utama bidang ini adalah asah, asih, asuh kader IPM di Jawa Timur melalui beberapa program, salah satunya adalah (tentu saja) TM 3 dan Pelatihan Fasilitator yang akan segera digelar.

Bidang Kajian Dakwah Islam (KDI) yang dipresentasikan oleh Fathur Rochman, Sekretaris Bidang KDI menjelaskan bahwa sebagaimana grand design IPM Jawa Timur periode ini, yakni gerakan dakwah. Tanpa mengesampingkan peran bidang lain, KDI memiliki peran yang sentral dan strategis untuk mewujudkan IPM Jawa Timur sebagai wilayah percontohan gerakan dakwah IPM nasional. Selanjutnya Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP) yang dipresentasikan oleh Rima Firdaus Lahji, Ketua Bidang PIP memaparkan bahwa arah Bidang PIP periode ini adalah memassifkan gerakan baca Ipmawan-Ipmawati di Jawa Timur. Salah satu program riilnya adalah penyelenggaraan sayembara kepenulisan bagi para kader IPM secara rutin. Disamping itu, bersinggungan dengan Bidang KDI, yakni dakwah online yang harus dimassifkan.

Bidang Apresiasi Seni Budaya dan Olahraga (ASBO) yang dipresentasikan oleh M. Nur Rafli. Dijelaskan bahwa ASBO akan diarahkan pada membudayakan gerakan kritis IPM dan gerakan sadar olahraga sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI beberapa waktu yang lalu. Terakhir adalah bidang Advokasi yang dipresentasikan oleh Yenni Prima Pusparani. Bidang Advokasi memiliki titik fokus pembelaan terhadap hak-hak pelajar yang selama ini sering didzolimi. Disamping itu, pelajar sebagai ujung tombak masa depan bangsa harus sadar akan perubahan lingkungan yang perubahannya begitu drastis.

Setelah presentasi program dari masing-masing bidang. Acara dilanjutkan dengan dialog dengan PD IPM se-Jawa Timur untuk mencari formula yang tepat ketika ada permasalahan yang muncul dari akar rumput, terutama yang erat kaitannya dengan program kerja PW IPM Jawa Timur 2010-2012. @nf

Written by

Nuun, Walqolami Wamaa Yas Thuruun | Nuun, Demi Pena dan Sgala yang Dituliskannya

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 1435 H | 2014 M. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Timur - Created by PIP IPM Jawa Timur