AD (728x90)

_

Kamis, 13 Juni 2013

Hadiri Pelatihan 3 Bidang, 3 Ipmawati Jatim Berangkat Ke Jakarta


Peserta TOR Jurnalistik PP IPM

Jakarta–Dalam rangka memujudkan program bidang yang sudah ditetapkan oleh pengurus Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhamadiyah (PP IPM) 
maka PP IPM mengadakan acara 3 bidang yang terdiri dari Training of Trainer (TOT) Jurnalistik, Adil Gender, dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) advokasi yang ditempatkan di Pusat Dakwah Muhammadiyah di jakrata selatan J. Pimpinan Wilayah (PW) IPM Jatim mengirimkan 3 perwakilannya untuk menghadiri acara tersebut. Mega hanifatu rahma sebagai ketua bidang advokasi mengikuti rakornas, Rizza Rahayu sebagai sekertaris bidang Kajian Dakwah Islam (KDI) mengikuti tot adil gender dan Maharina Novia Zahro sebagai anggota Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP) mengikuti tot jurnalistik. Dengan penuh semangat ketiga ipmawati ini memberanikan diri mereka untuk berangkat ke jakarta dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang berangkat dengan menaiki, bus, kereta bahkan pesawat, kamis (6/12). 

Dengan tema “Rekonstruksi Gerakan Untuk Pelajar Berkemajuan ” diikuti oleh 62 peserta dari PW IPM se-Indonesia yang terdiri dari 21 peserta tot adil gender, 19 peserta rakornas advokasi dan 22 peserta tot jurnalistik. Kegiatan ini dirasa cukup efektif untuk dilaksanakan di ibu kota Jakarta dengan waktu yang bersamaan. Seperti yang telah diungkapkan oleh ketua pelaksanaan acara yang mengatakan bahwa, “hal ini mengingat massa IPM yang dikumpulkan berasal dari berbagai daerah yang berada di seluruh indonesia, sehingga kegiatan untuk tiga bidang akan lebih mudah dalam pelaksanaannya” ungkap wawan. Pembukaan acara ini dihadiri oleh prof. H. Zamroni selaku bendahara umum PP Muhammadiyah dan dibuka oleh staf Menpora. Acara pembukaan berlangsung cukup meriah. Beberapa hiburan seperti tari saman dari sanggar tari  sm 18 Jakarta dan akustik yang dimainkan oleh musisi dari taman Ismail Marzuki. Banyak penonton yang berdiri bahkan tak Segan-segan maju kedepan untuk ikut menyanyi bersama.

Susana selaku panitia mengatakan bahwa “kegiatan di Menteng Raya hanya untuk pembukaan dan penutupan saja, karena fasilitas di pusat dakwah Muhammadiyah PP Muhammadiyah sangat terbatas sehingga acara tiga bidang di tempatkan di Graha Insan Cita Kepala 2 Depok Jawa Barat.  Meskipun peserta harus diributkan dengan bolak-balik menteng raya – depok hal tersebut tidak mengurangi antusias peserta untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan ini selama tiga hari(Jumat, Sabtu dan Minggu). Banyak variasi pendapat muncul tentang kegiatan tiga bidang ini ada yang mengkritik ada juga yang memuji.

Menurut pendapat ketua pelaksana mengatakan bahwa “secara keseluruhanan kegiatan ini memang tidak 100 %  berhasil namun, keinginan awal yang kami rencanakan ternyata tidak dapat sepenuhnya kami jalankan. Selain ada beberapa kendala eksternal yang kami hadapi namun kami juga merasa kendala dari internal seperti sumber daya manusia (SDM) peserta yang hadir kami rasa kurang sehingga materi yang disampaikan harus kami sesuaikan dengan kondisi yang ada. Jika diukur,  saya kira keberhasilannya yah 70% lah menurut kami”. Ungkap wawan saat ditemui di samping halaman Graha Insan Cita. Panitia sangat berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini Masing-masing dari peserta 3 bidang dapat menerapkan segala ilmu yang sudah diberikan dan nantinya dapat di amalkan atau diterapkan ketika sudah kembali ke wilayahnya Masing-masing. (mnz)

Written by

Nuun, Walqolami Wamaa Yas Thuruun | Nuun, Demi Pena dan Sgala yang Dituliskannya

 

© 1435 H | 2014 M. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Timur - Created by PIP IPM Jawa Timur