AD (728x90)

_

Rabu, 11 September 2013

Siswa SMP Muhammadiyah 12 Gresik Ciptakan Alat Nyalakan Lampu via Ponsel


SURYA Online, GRESIK - Dua siswa SMP Muhammadiyah 12 Gresik Kota Baru (GKB),  Gresik menciptakan alat menyalakan dan mematikan lampu melalui ponsel berbasis internet, Jumat (6/9/2013).
Dua siswa tersebut Mohammad Ardika Rifqi dan Muhammad Heaven N Handoko (14). Dua-duanya masih duduk di bangku kelas sembilan atau kelas tiga.
Menurut mereka alat tersebut terinspirasi saat ikut lomba. Dalam lomba tersebut mereka berjumpa dengan teman dari sekolah lain yang membuat alat menyalakan dan mematikan lampu langsung dari ponsel.
Tetapi alat ciptaan dua siswa SMP 12 GKB ini sangat berbeda. Alatnya diberinama 'Neorologichome' atau 'Neo Pintar Penjaga Rumah'.
Cara kerjanya sangat mudah dilakukan oleh orang-orang zaman sekarang yang memiliki ponsel pintar berbasis internet, yaitu, dari ponsel pintar membuka buka Web neorologic home. Selanjutnya masukkan perintah melalui Web yang sudah diaktifasi untuk mematikan atau menyalakan lampu.
Pesan yang dikirim melalui Web tersebut terkirim ke server rumah yang sudah diprogram di laptop, selanjutnya perintah akan diproses dengan ardino (Alat mikro prosesor sebagai pengubah digital menjadi aksi), selanjutnya lampu akan menyala atau mati sesuai perintah di ponsel.
"Pengetahui ini dari pelajaran Information and Communications Technology (ICT), IPA dan praktek atau aplikatif. Sehingga saat melihat orang-orang sibuk bekerja sampai larut malam. Sementara di rumah tidak ada pembantu, maka bisa menyalakan lampu atau mematikan dari kantor dan perjalanan pulang," kata Rifqi.
Kepala SMP Muhammadiyah 12 GKB, Isa Iskandar, mengatakan, hasil kemampuan anak-anak ini diharapkan bisa bermanfaat di masyrakat, bangsa dan negara.
"Pembelajaran ini sudah dimulai sejak kelas tujuh dan karya produknya dibuat di kelas sembilan," kata Isa saat mendampingi siswa-siswany

Written by

Nuun, Walqolami Wamaa Yas Thuruun | Nuun, Demi Pena dan Sgala yang Dituliskannya

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 1435 H | 2014 M. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Timur - Created by PIP IPM Jawa Timur